• rafraf
  • Kesaksian
  • Komentar Dinonaktifkan pada Tips Melebatkan Buah Tomat (Bpk Asep, Panjalu, 2015)

Tips Melebatkan Buah Tomat (Bpk Asep, Panjalu, 2015)

Pada kunjungan kali ini, tim Bumi Makmur Walatra berkunjung ke daerah Panjalu, Kab.Ciamis. Daerah ini memang mayoritas masyarakatnya di bidang pertanian, banyak dari para petani disini yang telah mengaplikasikan pupuk organik POC BMW. Salah satu mitra kami yang kami jumpai pada 6 agustus 2015 kemarin, yaitu lahan pertanian milik Bapak Asep dengan lahan seluas 1,5 Ha yang ditanami tomat. Populasi tanaman sebanyak 15000 pohon dengan usia saat ini 2 bulan 1 minggu. Alhamdulillah buah tomatnya lebat pada setiap pohonnya. Pada artikel kali ini kami akan berbagi pengalaman bagaimana trik-trik melebatkan buah tomat pada budidaya di lahan. Semoga bermanfaat…

Pada dasarnya, untuk melebatkan buah tanaman sayuran/hortikultura seperti tomat adalah hampir seragam tekniknya. Hal yang paling mendasar adalah meningkatkan asupan fospat (P) pada fase mulai berbuah.

Trik yang kedua adalah meningkatkan asupan potasium/kalium (K), juga pada fase mulai berbuah.

Selanjutnya yang tak kalah penting adalah memberi asupan hormon perangsang buah terutama giberelin. Dalam hal ini sahabat TaniOrganik bisa menggunakan POC BMW.

Selain mengandung hormon/perangsang untuk pembungaan dan pembuahan, POC BMW mengandung pula trace elemen dan unsur mikro yang sangat berguna untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas buah.

Terlebih lagi, ditunjang dengan fitohormon yang juga bermanfaat untuk penyubur dan perangsang buah yang dihasilkan oleh mikroba dalam POC BMW.

Pengaplikasian hormon seperti dalam POC BMW dianjurkan dilakukan secara rutin, dengan cara disemprotkan dipagi hari atau sore hari.

Untuk menunjang terciptanya buah yang berkualitas dan menekan tingkat kerontokan bunga, disarankan sekali pengairan terhadap tanaman tidak mendapat kendala.

Gambar-gambar yang sahabat saksikan ini adalah kebun dari Bapak Asep yang tumbuh subur. Sumber pengairan untuk lahan seluas 1,5 Ha ini, ternyata hanya mengandalkan aliran air dari pipa yang tidak begitu besar sebagai mana yang terlihat dibawah ini.

Secara umum tanaman sangat sehat, berbuah sangat lebat untuk setiap pohonnya.

Melalui beberapa trik sederhana tadi, insya alloh sahabat pun bisa mendapati pertumbuhan tanaman tomat (kususnya) yang subur dan berbuah lebat.

Peran dari hormon perangsang seperti POC BMW pengaruhnya memang besar sekali, jadi sudah semestinya menjadi satu paket dalam pemupukan rutin.

Lihatlah bagaimana tanaman tumbuh subur dan sangat lebat buahnya.

*****

UNTUK KONSULTASI DAN INFO PRODUK, SILAKAN KONTAK KAMI MELALUI :

SMS/Telp: 0821-1547-5387

WhatsApp: 0896-6673-9495

BBM: 53551D73

Email: orderbmw2@gmail.com

tags:

  • pupuk perangsang buah cabe dan tomat (1)