• rafraf
  • Kesaksian
  • Komentar Dinonaktifkan pada Selada Yang Subur Montok, Panen Dapat 37 Juta (Bapak Bayu, Lembang 2014)

Selada Yang Subur Montok, Panen Dapat 37 Juta (Bapak Bayu, Lembang 2014)

Cara cepat untuk kaya: menanamlah sayuran daun!

Di lapangan, saya seringkali bersebrangan pendapat dengan para petani di sekitar saya. Kalau para petani menganggap bahwa menanam cabai bisa mendatangkan keuntungan yang besar, kalau saya malah sebaliknya: menanam sayuran daun bisa 2 sampai 5 kali lebih menguntungkan daripada cabai, dan resiko kegagalan panen cabai bisa 2 sampai 5 kali lebih besar daripada menanam sayuran daun 🙂

Saya tidak asal bicara karena saya sendiri mengamati langsung di lapangan, mempelajari dan menganalisisnya selama bertahun-tahun untuk kepentingan pribadi. Dari sekian data yang saya peroleh, baik bersumber dari pengalaman sendiri bercocok tanam maupun berdasarkan penuturan para petani yang saya temui, faktor risiko menanam sayuran daun memang relatif lebih ringan dibandingkan menanam cabai.

Berikut ini, kami tampilkan kiriman gambar dari Bapak Bayu, seorang praktisi agrobisnis dari Jakarta yang menginvestasikan modalnya di Lembang untuk pertanian. Lahan pertanian Bapak Bayu lumayan luas, berhektar-hektar, yang dibagi ke dalam beberapa blok. Satu blok di antaranya dikhususkan untuk pertanian organik dengan menerapkan pola budidaya yang kami berikan.

Gambar 1. Lahan di dataran tinggi yang dingin dan berkabut

 

Gambar 2. Penampakan selada muda / awal tanam: sehat dan seragam

 

Gambar 3. Selada dewasa: pertumbuhan yang pesat dan tetap sehat. Penyemprotan dengan POC BMW, membuat daun menjadi lebar dan hijau segar.