Mengatasi Virus Mosaic Pada Daun Cabai, Cukup Pakai NOPATEK digabung ANTILAT dan POC BMW
  • rafraf
  • Kesaksian
  • Komentar Dinonaktifkan pada Mengatasi Virus Mosaic Pada Daun Cabai, Cukup Pakai NOPATEK digabung ANTILAT dan POC BMW

Assalamualaikum. POC BMW dan NOPATEK membuat kejutan lagi pada tanaman cabai bapak Sobur di Tasikmalaya. Setelah sebelumnya tanaman cabe pak Sobur pertumbuhannya “ngedrop” akibat serangan virus mosaik (mosaic virus), namun alhamdulillah kini bisa segar kembali dan bahkan bisa berproduksi buah dengan lebatnya.

Penyakit pada tanaman cabai memang banyak ragamnya, salah satu yang masih asing di telinga petani adalah virus mosaik. Walaupun begitu, penampakan gejalanya mungkin sudah sering dijumpai oleh petani di kebun. Sesuai namanya, penyakit ini disebabkan oleh virus. Ia menyerang berbagai macam tanaman hortikultura termasuk sayuran, seperti kacang-kacangan, tomat, kentang, mentimun, cabai, paprika, dll.

50% populasi terserang virus mosaic, alhamdulillah bisa terkendalikan dengan penyemprotan NOPATEK, ANTILAT dan POC BMW.

Serangan virus ini seringkali sulit terdeteksi lebih dini karena gejalanya hampir mirip dengan gejala kekurangan unsur hara pada tanaman, selain itu gejala tersebut akan bervariasi tergantung pada usia tanaman itu sendiri saat terinfeksi.

Namun, gejala paling umum dari serangan virus mosaik antara lain:

  • Daun memiliki belang-belang yang menguning.
  • Garis-garis pada daun nampak tak normal, berwarna kuning-putih.
  • Kadang juga terdapat bintik-bintik pada daun.
  • Daun keriput, menggulung atau bergelombang.
  • Daun menjadi berukuran kecil.
  • Buah yang terinfeksi tampak berbintik juga atau bahkan berkutil, sering juga tak berbentuk.
  • Pertumbuhan tanaman kerdil, atau tumbuh dengan buruk.
  • Produksi buah sangat rendah.
  • Tanaman mungkin memiliki cacat lain yang tak lazim.

Virus mosaik bisa saja berasal dari gulma atau tanaman yang terinfeksi di sekitar kebun, lalu disebarkan oleh serangga yang memakannya. Kutu daun, wereng, lalat putih dan kumbang adalah beberapa hama umum yang dapat menularkan penyakit ini. Tanah, benih, wadah, peralatan bertani yang dimiliki petani dapat pula menyebarkan virus ke tanaman saat beraktivitas di kebun.

Penanggulangan

Saat gejala serangan virus mosaik mulai terlihat pada tanaman budidaya, pemirsa tidak usah panik. Yang diperlukan adalah kedisiplinan dan ketelatenan dalam penanganannya. Penyemprotan NOPATEK dikombinasi dengan ANTILAT dan POC BMW insya alloh dapat meredakan serangan virus mosaik sekaligus juga memacu kembali pertumbuhan dan produksi buah dari tanaman cabe yang terinfeksi. Penyemprotan dalam interval 4 hari sekali bisa membantu mempercepat proses perbaikan tanaman.

NOPATEK dengan populasi milyaran mikroorganisme di dalamnya berpotensi menghambat perkembangan patogen/penyakit pada tanaman. Adapun ANTILAT adalah untuk menghalau hama tanaman (seperti kutu daun, kutu kebul, kumbang, dan tungau) yang berpotensi menularkan virus mosaik di antara tanaman. Sedangkan POC BMW adalah untuk meregenerasi sel-sel yang rusak sehingga pertumbuhan tanaman “aktif” kembali dan sekaligus juga merangsang munculnya tunas-tunas baru dan bakal buah. Dengan tiga skenario ini, maka pemulihan tanaman cabe yang terinfeksi mosaik dapat lebih efektif dibanding “melawan” penyakitnya itu sendiri.

Pencegahan

Pencegahan lebih utama daripada menunggu serangan datang dan kemudian kita “mengobatinya”.

  1. Gunakan benih berkualitas dengan varietas yang tahan penyakit.
  2. JANGAN gunakan benih dari tanaman yang terinfeksi.
  3. Selalu bersihkan gulma di kebun Anda.
  4. Virus dapat menyebar melalui aktivitas manusia, peralatan dan peralatan. Sering mencuci tangan dan mendisinfeksi alat-alat berkebun.
  5. Hindari bekerja di kebun selama kondisi lembab (virus mudah menyebar ketika tanaman basah).
  6. Hindari menghisap rokok di sekitar tanaman budidaya. Rokok dan produk tembakau bisa saja terinfeksi virus dan dapat menularkannya pada kebun Anda.
  7. Buang atau bakar tanaman yang terinfeksi. JANGAN dikomposkan.

Itulah bahasan kita kali ini, mudah-mudahan dapat menambah wawasan bagi pemirsa di tanah air. Silakan dipraktekkan pada tanaman budidaya Anda. Untuk pemesanan produk, pemirsa dapat menuju toko online kami di http://taniorganik.com/tokobmw/.