Konsultasi Pertanian Organik

25 December, 2012 Konsultasi  46 komentar

Konsultasi Pertanian Organik

Seperti kita maklumi, budidaya tanaman terutama tanaman hortikultura sangatlah kompleks permasalahannya. Bukan hanya masalah unsur hara atau pupuk, tenaga kerja, cuaca/iklim, tanah, air dan lingkungan, namun juga faktor hama dan penyakit tanaman yang aduhai sangat beragam jenis dan sifatnya, yang seringkali meluluhlantakkan tanaman budidaya dan menghapus harapan petani dalam “sekejap mata”.

Oleh karena itu, dengan keprihatinan yang mendalam, kami dari Padepokan Tani Organik “Bumi Makmur Walatra” dari kota Tasikmalaya, Jawa Barat, ingin berbagi sedikit ilmu yang kami miliki seputar bertani organik dengan cuma-cuma, tidak ada pungutan liar ataupun tarif bayar per jam… hehehe :). Bagi Anda yang memiliki permasalahan pada tanaman budidaya Anda atau ingin belajar bertani organik, silakan sampaikan pertanyaan Anda kepada kami. Mudah-mudahan kami bisa membantu memberikan arahan atau solusi.

Seksi ini diasuh langsung oleh Bp. Rahmat sendiri selaku pimpinan dari Padepokan Tani Organik “Bumi Makmur Walatra”. Bp. Rahmat adalah praktisi pertanian organik dan hidroponik dan juga sebagai penulis buku-buku agrobisnis.

Sampaikan pertanyaan Anda melalui:

  • WhatsApp: 0896-6673-9495 
  • BBM: 53551D73 
  • Email: orderbmw2@gmail.com
  • Telepon/SMS : 0821-1547-5387 (Telkomsel)

(HANYA PADA HARI & JAM KERJA: 08.00 s/d. 17.00 WIB)

 

**************************************************************

KIRIMKAN FOTO TANAMAN BUDIDAYA ANDA !!

**************************************************************

Sangat dianjurkan sekali Anda mengirimkan beberapa FOTO TANAMAN BUDIDAYA ANDA yang sakit tersebut kepada kami, melalui email kami  orderbmw2@gmail.com. Dengan demikian kami dapat mendiagnosa atau menganalisa masalah tanaman Anda itu secara lebih “presisi”.

Sebaiknya gunakan kamera beresolusi tinggi atau sedang ]

1. FOTO TAMPAK DEKAT, terutama pada daun dan buah yang bermasalah, apakah terserang hama atau penyakit. Contoh:

0000014 - Foto Tampak Dekat Tanaman Yang Terserang Hama [TaniOrganikCom]

Foto Tampak Dekat Tanaman Yang Terserang Hama 1

0000015 - Foto Tampak Dekat Tanaman Yang Terserang Hama 2 [TaniOrganikCom]

Foto Tampak Dekat Tanaman Cabai Yang Terserang Hama 2

2. FOTO KESELURUHAN LAHAN, diambil dari sudut yang mewakili dan nampak jelas, sehingga dapat menggambarkan prosentase tanaman yang sakit dan yang sehat. Contoh:

0000016 - Foto Lahan Budidaya Keseluruhan [TaniOrganikCom]

Foto Lahan Budidaya Tanaman Anda Keseluruhan

3. BEBERAPA FOTO SETELAH TERAPI/PENANGANAN. Bagian ini khusus jika Anda sudah melakukan penanganan alias terapi menggunakan teknik/metode yang telah kami sarankan. Tanaman dipotret dari berbagai sudut, baik TAMPAK DEKAT maupun LAHAN KESELURUHAN, sehingga bisa menggambarkan perubahan setelah terapi dilakukan. Contoh:

0000017 - Foto Tampak Dekat Setelah Terapi [TaniOrganikCom]

Foto Tampak Dekat Setelah Terapi

Foto lainnya:

0000013 - Foto Keseluruhan Setelah Terapi [TaniOrganikCom]

Foto Keseluruhan Setelah Terapi

Pengiriman gambar dianjurkan tidak berhenti sampai di sini, melainkan berkelanjutan (idealnya sebulan sekali) sehingga tanaman Anda dapat terus terpantau meskipun dalam kondisi sudah sembuh atau pertumbuhan oke-oke saja.

Manfaat dari pengiriman foto-foto ini memudahkan kami dalam menganalisa masalah tanaman Anda sehingga kami dapat lebih terarah dalam memberikan saran penanganan, baik itu mengenai penerapan pupuk dan pestisida yang harus diberikan pada tanaman.

Salam organik dan terus melangkah tegap…

TaniOrganik.Com

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

46 komentar untuk Konsultasi Pertanian Organik

  • Retno Catur says:

    Assalamualaikum wr wb..
    saya punya pohon durian sudah berusia 10 tahun, sya menanam dari biji yang saya tanam sendiri. tetapi hingga saat ini pohon durian saya tidak pernah berbuah, jangankan brbuah..berbunga saja tidak. monoh beri solusinya pengaplikasian prodak pupuk BMW agar pohon durian saya mau berbuah. mohon bantuannya..
    terimakasih…

  • fatkul karim says:

    pak saya di daerah kab. jember prop. jawa timur ingin pesan obat..utuk tanaman cabe bumi 1/4 ha. membutuhkan obat prodak bapak berapa kira2 ya n pesannya bagaiman?

  • sunarta says:

    BAGAIMA CARA PENANGGULANGAN PADA PADI YANG TERSERANG BERCAK -BERCAK COKLAT BAGAIMANA CARA MENGATASINYA

  • FATKHAN HASANUDIN says:

    ADA YANG BISA BANTU. SAYA BUTUH TANAMAN UNTUK VERTIKAL GARDEN.
    9000BH.

  • hendar says:

    ass pa, salam sejahtera
    saya hendar dari banten, saya mau pesen pupuk bmw, antilat dan novatek. kira2 harganya berapa dan saya minta buku petunjuk dan cara penggunaannya
    mohon d bls k email saya

  • Riyanto says:

    Ass. Pak saya Riyanto di serang Banten, saya mohon informasi nya Pak.
    rencana saya akan menanam duren, lubang udah saya buat selama 2 minggu saya biarkan terbuka, dan kemarin sudah saya
    tutup lagi dengan dicampur pupuk kandang domba saja. 2 minggu lagi rencana saya mau menanam pohonnya, yaitu duren bawor, musangkin dan manoreh.
    saya berminat dengan produk pupuk Bapak. mohon diinformasikan harga dan cara menanam serta perawatannya dengan produk pupuk Bapak.
    rencana saya menanam sekitra 50 pohon, kira2 jenis pupuk dan berapa jumlah yang akan dihabiskan dalam penanaman dan perawatannya.

  • Tata says:

    Assalam mualikum . bang. saya Tata dari Berau, kalimantan timur.
    tanah sy tempat sy bercocok tanam bukan tanah dasar/permukaan . tetapi tanag urukan yg berwarna kemerah – merahan , walaupan sdh banyak di beri pupuk kandang yang banyak, tetap saja tanam lombok,toman ,terong kerdil dan tidak sudur serta berbuah sangat sedikit.dan juga tanaman kami banyak hama berupa semutnya dan binatang berwarna putih ,yang membuat tanaman kami layu dan mati .mohonsaran apasaja yg dibutuhkannya untuk tanaman kimi bisa subur dan berapa harga masing-masingnya.sebelumnya kami terimakasih atas informasinya .

  • Bertje Lempas says:

    Aslm,pak,rahmad,sya mau konsultasi masalah benih cabe yg sya tanam langsung pada media tanam lewat plastik polibeg n pipa paralon sesuai gambar,pak sya mau tanya,ko benih cabe yg sya tanam mulai dri biji sepertinya pertumbuhannya lambat,hrusnya umur 28 hri sdh tumbuh 4 – 5 helai daun utuh,tpi benih cabe saya seperti gambar, bru mau 3 lmbr daun,pak apa pertumbuhannya pengaruh dri media tanam,atau dri air,atau dri sinar matahari?,komposisi media tanam: pasir bakar,arang,kohe,ampas kayu,ampas daun teh,.air: sya pake air pam,tapi air nya sya tampung n sya rendam dulu 2 hri untk menghilangkan kaporit bru sya pake untuk penyiraman,penyiraman 1 hri 2×,pagi dan sore hri,soalnya domisili tmpt tinggal sya samping laut,untuk pake air tanah,sepertinya tdk bisa,karena airnya asin,.sinar matahari,kebetulan di tmpt saya lgi musim kemarau,tapi lokasi bedeng saya,saya pake atap paranet yg 65%,pak mohon pencerahan dan arahannya?salam bertje,.

  • Ruswanto says:

    Pak Rahmat yang baik,
    Saya ingin meminta tolong atau penjelasan kepada Bapak antara lain :

    1. Saya ingin memesan ANTILAT, NOPOTEK dan Pupuk Organik Cair BMW sekaligus.
    Bagaimana caranya Pak?

    2. Saya ingin menanam tanaman buah dalam pot (Tabulampot). Bagaimana cara menghindari hama semut yang ada dalam tabulampot tersebut. Terkadang sampai bersarang di dalam tanah pada pot tersebut sampai ke akarnya. Dengan apa saya harus mengusir semut yang bersarang tersebut dan bagaimana caranya pak?

    Demikan penjelasan saya. Saya sangat berharap pertongan dari Bapak. Atas semua ini saya mengucapkan terima kasih banyak.

    Ttd

    Ruswanto

  • Mr. Nova says:

    Pak bisa kirim
    teknik menanam cabe merah dari awal sd ahirnya
    serta pengunaan pupuknya
    ni email saya powercomputer86@yahoo.com

  • Saepuddin Js says:

    asslamualaikum pak saya saepuddin dari Desa Muncangela Kec Cipicung Kuningan jawa barat.saya mau brtanya kpada bapak.Padi yg ditanam disawah saya terkena penyakit merah bagaimana cara mengatasinya? klo ada obatnya apa obatnya? dan bisa tdk memesan?

  • Salam Sejahtera..
    Bpk Rahmat Rafiuddin…
    Mkasih atas supportx Berkat Bimbingannya dgn aplikasi POC BMW Hasil Tanaman cabe saya Melimpah..
    sampe capek Memetik Hasilx
    Maju truz Pertanian Organik

  • maringan sihombing says:

    saya tinggal di sibolga (sumut) mau tanam cabe sekitar 4000 batang. apa saja produk pak rahmat yg bisa saya dapatkan, berapa harganya. dan kira -kira berapa banyak yang saya butuhkan, khususnya POC BMW sampai panen

  • sungkono says:

    assalamualaikum………pak rahmat.saya akan menanam padi dengan varietas B3 di lahan sawah selauas 4000 m2,bagaimana aplikasi produk dari tani organik dari awal (baik itu pemupukan dan penyemprotan hamanya/jamurnya apakah mengunakan pupuk kandang atau kimia)tolong dijelaskan.sebelumnya saya ucapkan terimasih atas pencerahanya….

  • Gunawan Wibisonl says:

    Malam tani organik, apapakah Antilat dalam penggunaanya bisa dicampur dengan nopatek?? Jika bisa mohon berapa perbandinganya?? Mohon bantuanya,terimakasih sebelumnya.
    Tentang:

  • wahyu sudono says:

    selamat siang pak.. bagaimana cara menanam cabe 100% organik, mohon bimbingannya pak… ini alamat email saya.. Sudonowahyu@yahoo.co.id

  • wahyu sudono says:

    selamat siang pak, saya mau belajar menanam cabe.. bagaimana uruttannya menanam cabe yang baik pak…mohon bimbingannya pak…

  • Anonymous says:

    pak agen bmw di lampung ada belum?

  • Anonymous says:

    slmt malam pak, saya brminat ingin bertani cabai organik dengan menggunakan polibag,krn saya masih trkendala lahan yg trbatas,insyaallah jika brhasil saya ingin menyewa lahan utk perluasan usaha, saya blh minta panduannya ga pak? ini email saya heng*******@yahoo.co.id trma ksh sblmnya.

  • Anonymous says:

    salam Damai Sejahtera Nusantara Pak. Saya Ismit S Ismail. Halamahera Barat ( MAluku Utara). saya seorang pemula yang baru akan memulai budidaya Cabai dan Bawang Merah Organik, Mohon Prtunjuk dan arahannya… mengenai pupuk organik yang pas dan pestisida organik yang pas pula…. sebagai referensi tanah dilahan kebun saya berjenis Tuff yang berasal dari endapan abu vulkanik gunung api Purba ( Gunung Api Gamkonora). PH Tanah 5-8, c.Suhu 20-260C dengan nilai minimum sekitar 180C dan nilai tertingi sekitar 31,70C, Curah Hujan Berkisar antara 2,15mm/thn Kelembaban udara Relatif berkisar antara 82 – 89%. Kelembapan udara terendah terjadi pada bulan Maret (82%). Sedangkan kelembapan udara tertinggi terjadi pada bulan Agustus (89%, Kecepatn Angin Rata – rata kecepatan angin bekisar antar 1,8 – 2,5 m/detik, yang tergolong pada derajat kecepatan 2 menurut skala Beufort. Kecepatan angin dengan derajat kecepatan 2 (1,6 – 3,3 m/detik. tolong Bibingannya alamat emai saya zhometconsul@gmail.com

  • Anonymous says:

    cocok

  • Sukrizaam says:

    asslamualaikum pak.saya mau bertanya lagi,apa kah tanaman cabai merah saya bertambah besar bertambah pula pupuk nya pak.apakah normal seperti biasa saja pemberian pupuknya sampai waktu panen pak.mohon di balas pak..

  • Achmad Yusuf says:

    YM Bp. Rahmat,
    Kami, telah membaca web bapak yg penuh
    inspirasi. Kami mohon pandangan dan masukan bapak :
    1. Kami amat sangat pemula pak dalam pertanian.
    2. Dikomplek kami ada tanah/lahan menganggur 2000m2 msg2 terbagi 2 blok @1000m2 dan bersebelahan dipisahkan jalan 5m.
    3. Dekat komplek kami ada kandang sapi jaraknya 150m dan peternakan ayam jaraknya 1,5 km.
    4. Dekat lahan tersebut dibawahnya ada kali/sungai dari ketinggian lahan 2.5 m, jarak kali dan lahan terpisah oleh jalan komplek 5m.
    5. Kami berencana menanan cabai kopay atau ada masukan dari bapak.
    6. Kami tiga orang merencanakan dengan modal minimal pak.
    7. Kiranya langkah apa yg perlu kami lakukan/kerjakan pak?
    8. Dekat komplek 300m ada pasar sayur dan buah (pasar hasil bumi masih tradisional )
    9. Apa saja dari awal sampai penjualan yg perlu kami kerjakan untuk usaha ini pak?
    10. Kami tertarik menggunakan produk bapak.
    Demikian pak kami tunggu solusinya, Insya Alloh kami akan konsentrasi di pertanian pak.
    Terima kasih.
    Achmad Yusuf.

  • Anonymous says:

    Assalamualaikum mas rahmat..

    Sebelumnya kami ucapkan banyak terima kasih atas kesempatan yang telah diberikan kepada kami untuk menimba ilmu kepada sampean.

    saya adalah anak petani yang dari lingkungan petani yang sudah turun menurun sejak nenek moyang kami,
    dengan ilmu dan wawasan kami yang terbatas, maka pola tanam and metode yang kami lakukan adalah sama, sehingga hasil panen pun tidak bisa maksimal.
    bersamaan dengan ini kami mengharap Rahmat untuk memberikan share ilmu mengenai cara bertani padi and bertanam sengon secara maksimal and optimal.

    atas bantuan and kerjasamanya kami ucapkan banyak terima kasih
    jazakaAllahu khoiron katsira..

  • Anonymous says:

    Bagaimana panduan budidaya semangka,melon dan cabe pak, jika menggunakan produk BMW , ini email saya: sung*********@gmail.com jika ada baik yang murni organik atau yang semi organik, sebelumnya saya ucapka bnyk trimasi y pak

  • Anonymous says:

    pak di lampung ada gx agennya produk2 bmw

  • hery, medan says:

    asslamualaikum pak saya hery dari medan.saya mau brtanya kpada bapak.saya baru membeli pupuk POP BMW,POC BMW,ANTILAT dan NOVATEK.yg saya ingin tanyakan abakah pupuk yang untuk di kocorkan atau di semprot bisa di campir 2 jenis dalam 1 tangki pak..?yg di kocor pun sama untuk tanaman cabai saya.tlong brikan jawabannya pak.kerna saya blum prnah mnggunakan pupuk ini pak.

    • taniorganik says:

      wa alaikumsalam mas hery.
      semua produk kami dalam pemakaiannya bisa digabung pak silakan. tetapi mohon jangan digabung dengan pestisida atau fungisida kimia.

      Untuk panduan budidaya dan aplikasi lengkapnya sudah kami kirim ke email bapak. terimakasih

      wassalamu’alaikum

  • Damanik says:

    Assalamualaikm…….
    saya senang sekali membaca artikel-2 tentang pertanian organik bapak, yang sy tnyakan bagaiama penggunaan produk BMW pada semangka dan melon apakah murni organik atau semi organik dan kalau ada panduan budi daya semangka/melon yang bapak konsep saya sangat senang tks sebelumnya

    • taniorganik says:

      wa alaikumsalam. terimakasih telah berkunjung ke web kami pak.
      oya kami punya resep 100% organik dan juga semiorganik. hasilnya insya allah sama2 bagus. itu tergantung bapak mau pakai resep yang mana. nanti kami kasih panduannya lengkap.

      termikasih pak, semoga membantu.

      • Anonymous says:

        pak da ada blum panduanya pak

        • taniorganik says:

          silakan kirimkan email bapak, kami akan kirimkan brosur panduannya via email

          • Anonymous says:

            pak ini alamat email saya:sung***************@gmail.com

          • Anonymous says:

            gmna pak panduannya ini al email saya:
            sung**************@gmail.com

  • Irfan, Jakarta says:

    Assalamualaikum Wr.Wb.

    P.Ramat, saya Irfan Murid Aljabr Islamic School di daerah Jakarta Selatan. saya sudah membaca artikel bapak di Web; http://www.taniorganik.com/yuk-menanam-cabe-merah-di-halaman-rumah-secara-organik/, dan kebetulan sekali saya sedang mendapat tugas dari sekolah untuk mengerjaan personal project. pada project ini, saya memilih topik menanam cabai di perkarangan. tetapi, ketika saya menjalani project ini saya memiliki kendala dengan keadaan pohon cabai saya, yaitu daunnya yang mengalami pengerutan, dan tak jarang pucuk-pucuknya mati. jika terjadi seperti ini apa yang harus saya lakukan? apakah tanaman cabai saya bisa berkembang kembali dengan baik?

    besar harapan saya bapak dapat membantu menyelesaikan permasalah ini, dengan perhatian dan waktu yang bapak berikan saya ucapkan terimakasih.

    Wassalamualaikum Wr.Wb.

    • taniorganik says:

      wa alaikummsalam wwb.
      mas irfan, sudah kami respon via email..

  • Anonymous says:

    selain secara on line, ada cara lain gak untuk bisa memperoleh produk ANTILAT tersebut. sudah beredar secara luas apa belum. makasih

    • taniorganik says:

      kami memiliki agen di sejumlah kota. untuk info lengkapnya silakan kirim sms saja ke: 0812-1456-296

      • Anonymous says:

        PAK, MOHON INFO DAFTAR AGEN DI JATENG ( SOLO/JOGJA/MAGELANG)

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>