Fantastis, Panen Cabai Rawit Dua Kali Petik Dapat 1,6 Ton (Ibu Ichmyati, Kebumen, 2017)

20 December, 2017 Kesaksian  Komentar

Sesi kali ini kami mencoba mengangkat hasil penerapan pupuk BMW dari mitra kami di tanah Jawa tepatnya di kota Kebumen, yang mana kondisi cuaca di daerah mitra kami ini cukup panas ekstrim karena dekat pesisir laut. Mitra kami ini lain dari yang lain, yakni masih belia dan ibu-ibu pula 🙂

Ibu Ichmyati, seorang ibu muda yang telah lama menggunakan pupuk POC BMW dan menerapkan pola budidaya cabai PT Bumi Makmur Walatra. Pertama berkomunikasi dengan kami perihal bertani cabai dan pupuk POC BMW adalah sekitar Maret 2014 melalui bapak Supriyono, familinya. Meskipun usianya masih belia, namun semangatnya dalam berkebun dan menggali ilmu-ilmu bertani cabai kekinian patut diacungi jempol.

Hasil panen cabai rawit melimpah dengan penerapan pupuk BMW.

Ibu Ichmyati berpose dengan tanaman cabainya yang lebat.

Keseriusan bertani cabai dan penerapan pola budidaya Bumi Makmur Walatra nampaknya tidak main-main dilakukan oleh ibu Ichmyati dan bapak Supriyono, dibuktikan dengan komunikasi yang intens seputar budidaya cabai dengan kami, disamping rata-rata order produk BMW sebanyak 1 karton tiap periodenya.

Ibu Ichmyati nampaknya memangkas pucuk bagian atasnya waktu tanaman masih muda agar tanaman tidak tumbuh tinggi.

Ibu Ichmyati sepertinya memangkas pucuk bagian atasnya waktu tanaman masih muda agar tanaman cabai tidak tumbuh tinggi. Ini adalah trik untuk memudahkan pemeliharaan dan proses panen cabai.

Gambar-gambar berikut ini dipertunjukkan oleh mitra kami pada 25 Oktober 2017 kepada tim dokumentasi kami, untuk direview dan dievaluasi atas pencapaian terakhir, terutama dari sisi pertumbuhan tanaman, kesehatan tanaman, serangan hama, dan produktivitas panennya. Dari data-data yang diperoleh, maka akan kami rumuskan solusi-solusinya yang perlu diambil kedepan sehingga tanaman dapat terus berkembang dan produktivitasnya tetap terjaga.

Ibu Ichmyati nampak bangga dengan produk-produk BMW dan senang dengan hasil yang diperoleh. Kami pun turut senang mendapat kepercayaan dari para petani dari berbagai pelosok di Indonesia. Maju terus.. semangat!!

Ibu Ichmyati nampak bangga dengan produk-produk BMW dan senang dengan hasil panen yang diperoleh. Kami pun turut senang mendapat kepercayaan dari para petani dari berbagai pelosok di Indonesia. Maju terus BMW… semangat!!

Laporan terakhir dari ibu Ichmyati menyebutkan bahwa panennya sudah mencapai 1600kg atau 1,6 ton, dari dua kali petik. Sungguh luar biasa. Dari luas lahan yang hanya sekira 190 bata dan umur tanaman baru tiga bulan lebih, namun perolehannya sudah sangat besar. Pemirsa dapat menghitungnya sendiri berapa nilainya jika dirupiahkan. Katakanlah harga cabai rawit merah di tingkat petani Rp15.000 saja, maka dari 1600kg nilainya sebesar Rp24.000.000. Angka yang besar bukan? Dan ingat itu baru 2 kali petik saja. Kami perkirakan bahwa dengan petikan ke-2 ini biaya produksi sudah terlampaui dan bahkan surplus alias untung.

Berikut ini adalah sebagian cuplikan dari komunikasi tim Bumi Makmur Walatra dengan mitra kami ibu Ichmyati melalui sosial media. Jadi tidak ada rekayasa dari data maupun gambar-gambar yang kami publikasikan!

Dilihat dari usia tanamannya yang masih muda dan penampakan pertumbuhannya yang sehat dan relatif tidak terganggu hama, nampaknya masih besar peluang untuk panen berkali-kali. Kami doakan semoga panennya bisa belasan kali, tanamannya berumur panjang dan berproduksi dengan baik sehingga diperoleh penghasilan yang lebih besar bagi ibu Ichmiyati dan keluarga. Amiin…

Nah, sobat BMW, pelajaran apa yang bisa kita petik dari kisah ibu Ichmyati ini dalam bertani cabai???

  1. Terjunlah ke dunia pertanian, sebab sepuluh-dua puluh tahun kedepan pertanian adalah emas.
  2. Mulailah sejak engkau muda, sebab masa tua hanya untuk menikmati hasilnya.
  3. Mulailah dari kecil dulu, lalu lebarkan sayap.
  4. Gali terus ilmu dan pantang menyerah. Berkomunikasilah dengan orang-orang yang tepat.
  5. Jadikan bertani adalah “karir hidup”, bukan pekerjaan sambilan atau hanya untuk mencari  penghasilan tambahan.
  6. Fokus, fokus, fokus!!!

Semoga menjadi motivasi dan inspirasi bagi petani-petani lainnya di tanah air, khususnya bagi generasi muda untuk tidak sungkan terjun ke dunia pertanian, sebab disadari atau tidak, lahan-lahan pertanian kita saat ini sedang dan akan terus “dirampok” oleh pesatnya industri dan pembangunan kota…. Salam hangat, silahkan kontak kami untuk konsultasi dan pemesanan produk! Wassalamu’alaikum…

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>