Cara Mudah Menanam Semangka

28 April, 2014 Teknik Budidaya  Komentar

Cara Mudah Menanam Semangka

Semangka (Citrullus lanatus) tumbuh merambat dengan banyak daun yang berkerut. Semangka menyukai lingkungan panas, dan akan tumbuh merajalela ketika ditanam tanpa perhatian terlalu banyak. Artikel ini menyediakan instruksi untuk menanam dan merawat semangka.

LANGKAH PERTAMA: PERSIAPAN UNTUK MENANAM

1. Tentukan Jenis yang akan Ditanam
Buah ini mempunyai ukuran dari 3 pound sampai lebih dari 70 pon(1.3 kg sampai 32kg), dan dengan daging buah yang merah atau kuning. Varietas jubilee,charleston grey, dan congo ialah berukuran besar dan berbentuk silinder, ketika varietas sugar baby dan ice box berukuran kecil dan berbentuk seperti bola.

2. Pilih Lokasi untuk Menanam
Semangka membutuhkan minimal terkena sinar matahari 6 jam setiap hari. Semangka menghasilkan wilayah rambat yang luas yang menyebar dan memakan banyak makan tempat; Bagikan tempat untuk tiap semangka 3 sampai 6 kaki bagian ukuran tanah, kecuali kalau anda menanam varietas semangka yang berukuran kecil.

3. Bajak Tanah Anda
Gunakan alat pembajak untuk merapikan tanahnya, cabut serumpun pohon-pohon. Hilangkan segala tanaman yang bisa menganggu pertumbuhan semangka.

13

LANGKAH KEDUA: MENANAM SEMANGKA ANDA

1. Buat Gundukan Tanah
Menggunakan traktor atau cangkul, dari atas sampai bawah dimana akan menjadi tempat menaruh benih. Sediakan ruang 2-6 kaki (60cm -1.8m) satu sama lainnya, tergantung dari ukuran tanah yang anda punya. Membuat gundukan tanah dapat menjamin bahwa akar buah semangka dapat ruang longgar untuk tumbuh, membuat oksigen mengalir dengan mudah. Ini juga untuk mengkonservasi tersedianya embun di iklim yang kering.

2. Tanam Benihnya
Bentuk datar, sedikit cekung di permukaanya, kemudian lubangi tanahnya 3 atau 4 lubang dengan alat atau dengan tangan anda, sekitar 1 inchi (2.5 cm) dalamnya. Tempatkan 1 hingga 4 benih per lubang, dan tekan perlahan tanahnya dan datarkan guna menjaga proses evaporasi berjalan dengan lancar disekitar benihnya.

3. Perhatikan Tunas yang Tumbuh
Benih seharusnya sudah berkecambah sekitar 7-10 hari, tergantung kondisi tanah,temperatur, dan kedalaman saat anda meletakkan benihnya. Jaga agar tanahnya tetap lembab; cukup air sehingga air dapat merembes masuk ke akarnya buah semangka.

4. Mulching Diperlukan Saat Tinggi Tanaman Sekitar 10cmAnda dapat memilih jerami cemara, rumput, atau kompos. Coba untuk menaruh jerami atau rerumputan untuk pupuk tersebut sedekat mungkin untuk mencegah agar rumput liar tumbuh, dan menjaga suhu tanah dari kepanasan akibat terpaan sinar matahari yang bisa membahayakan akar semangka yang terletak dangkal dari permukaan tanah.

5. Sirami dengan Sedikit Air Ketika Bunganya Mulai Tumbuh
Setelah bunganya bersemi, sirami kira-kira setiap 3 hari jika kering. Bagaimanapun, jangan sirami terlalu banyak, karena semangka hanya membutuhkan sedikit pasokan air.

6. Bersihkan Segala Rumput Liar di Sekitar Tanaman
Pastikan membersihkan rumput liar disekitar tanah, dan sepanjang daerah perambatannya.

26

LANGKAH KETIGA: PANEN SEMANGKA ANDA

1.Pastikan Semangka Siap Panen
Dibawah kondisi yang baik, semangka akan tumbuh matang dengan kadar rasa manis yang tinggi disekitar 4 bulan di iklim yang hangat. Memanen semangka sebelum mereka matang akan membuat rasanya terasa sedikit hambar.

2. Potong Langsung dari Rambatannya
Gunakan pisau yang tajam atau gunting kebun yang besar untuk memotong semangka dari rambatannya. Buah semangka yang segar akan bertahan sekitar 10 hari.

32

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>