Cabe Keriting Lebat di Tanah Binjai – (Bpk Hendra, Langkat, 2014)

12 September, 2015 Kesaksian  Satu komentar

Cabe Keriting Lebat di Tanah Binjai

Pada sesi kali ini kita akan menengok kebun cabe rawit punya pak Hendra di kota Binjai, Sumatera Utara. Pak Hendra merupakan mitra Bumi Makmur Walatra (BMW) yang aktif berkebun sayuran.

Kondisi awal tanaman cabe pak Hendra nampak kurang subur, ukuran batang kecil dan pendek, percabangan pun kurang. Ini karena tanaman tadinya ditumpangsari dengan sayuran lain jadi belum terawat secara maksimal oleh pak Hendra.

Beberapa hari kemudian setelah 2 kali penyemprotan POC BMW, efeknya mulai nampak, pertumbuhan tanaman cabe pak Hendra menjadi pesat. Kita lihat pada gambar di bawah, kebun sudah mulai gelap dengan tanaman cabe yang rimbun dan buahnya yang lebat.

Meskipun cuaca tidak bersahabat karena kekeringan yang sangat, namun alhamdulillah tidak menggoyahkan pertumbuhan tanaman cabe pak Hendra. Karakter tanah di ladang pak Hendra pun termasuk keras yang sebetulnya secara teori kurang sip untuk budidaya cabai.

Peran dari POC BMW salah satunya adalah memasok mikroorganisme yang sangat aktif dalam membenahi tanah yang keras dan rusak. Perlakuan untuk kasus seperti ini, sahabat TaniOrganik bisa mencoba dengan mengocorkan POC BMW atau menyemprotkannya ke bagian akar tanaman secara berkala.

Tanah yang keras insya alloh secara bertahap akan gembur dengan peran dari mikroorganisme yang kita suplai. Selain tanah menjadi porous, juga bisa mengikat air di saat kondisi kering.

Sementara itu, POC BMW yang diaplikasikan secara semprot kabut ke bagian daun dan percabangan tanaman, bertujuan mensuplai makanan secara instan ke tanaman melalui pori-pori atau mulut daun (stomata), baik berupa unsur mikro maupun makro, dan tak kalah penting juga zat pengatur tumbuh (zpt) atau dikenal juga dengan hormon perangsang. Penyemprotan sebaiknya dilakukan di pagi hari di mana mulut daun sedang terbuka lebar.

Hormon dalam POC BMW bukan sekedar merangsang tanaman untuk tumbuh rimbun, namun juga produksi buah yang lebat. Kita perhatikan pada gambar-gambar selanjutnya yang dikirim oleh pak Hendra secara terpisah.

Bunga bermunculan lebat di setiap percabangan.

Lebatnya buah hampir merata di setiap pohon.

Selamat pak Hendra, semoga panennya memuaskan dan mendapati harga jual yang tinggi! Amiin…

Terimakasih sahabat TaniOrganik atas kunjungannya. Kalau laman ini bermanfaat silakan dishare di Facebook atau Twitter. Ditunggu pula partisipasinya untuk mengisi komentar pada form di bawah.
PEMESANAN PRODUK : 0896-6673-9495

KESAKSIAN HASIL APLIKASI

Berikut ini kami tampilkan sebagian hasil aplikasi Pupuk Organik Cair POC BMW dari berbagai kota. Nampak bahwa Pupuk Organik Cair POC BMW memberi pengaruh yang luar biasa pada pertumbuhan tanaman, kuantitas dan kualitas hasil panen.

  • Cabe merah berbuah super lebat (Bpk Agus, Banyuwangi). Penyemprotan dengan POC BMW yang mengandung hormon buah yang tinggi.

tags:

Satu komentar untuk Cabe Keriting Lebat di Tanah Binjai – (Bpk Hendra, Langkat, 2014)

  • narsan says:

    mumet banget bertani cabe dan sayurah lain di daerahku

Comment

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>